Wednesday, March 13, 2013

Sejarah Kesuksesan Produk Samsung Yang Pating Blewer di Dunia

Apa yang terfikir oleh blewerianz jika mendengar kata 'Samsung?' pasti untuk kalangan muda, yang terfikir adalah gadgets-gatgets smartphone besutan samsung yang makin dikenal setelah samsung memperkenalkan produk mereka dengan operating sistem open source milik google, yaitu android.

Perusahaan asal Korea Selatan itu berkembang menjadi konglomerasi usaha dengan memproduksi berbagai produk mulai dari mesin pencuci piring hingga smartphone, sehingga menjadikannya sebagai salah satu brand paling kuat dan terkenal dalam dunia teknologi.

Bahkan, kesuksesan Samsung tak kalah dengan raksasa teknologi lain dari Barat yaitu Apple, Facebook, Microsoft, dan Google, sebagai salah satu perusahaan teknologi paling penting saat ini. Lalu bagaimana Samsung bisa menempati posisinya saat ini?

Sejarah Samsung bermula pada 1938, saat Samsung masih menjadi perusahaan yang mengekspor ikan kering dan hingga kini berkembang ke ranah mobile. Kesuksesan terbaru Samsung sepertinya akan terus berlanjut dengan kehadiran smartphone Galaxy S IV yang akan diluncurkan pada Kamis (14/3), waktu setempat, di New York.

Berikut beberapa pencapaian gemilang Samsung, seperti dilansir dari Apple Insider, Rabu (13/3/2013):

1. Televisi
Sebelum sukses di ranah ponsel, penting untuk mengingat bahwa Samsung memiliki sejarah panjang sebagai produsen barang-barang elektronik, terutama televisi. Bersama dengan Sharp dan LG, Samsung secara konsisten membuat layar terbaik untuk televisi HD.

2. Smart TV
Samsung juga melakukan berbagai hal menarik dengan Smart TV yang terhubung ke internet. Perusahaan tersebut memperkenalkan antarmuka baru untuk TV besutannya di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2013, yang mempermudah pengguna menemukan konten.

3. Komponen elektronik
Di balik layar, Samsung juga membuat banyak komponen sendiri seperti prosesor dan layar untuk perangkat mobile, serta menjualnya ke berbagai perusahaan, termasuk Apple. Semua bidang usaha yang dijelajahi ditambah dengan divisi mobile yang menguntungkan, membuat Samsung membutuhkan uang yang tidak sedikit untuk memasarkan produk-produknya.

4. Ponsel
Kisah yang paling menarik dimulai pada Maret 2010 ketika Samsung memperkenalkan Galaxy S, ponsel andalan pertama perusahaan itu. Saat itu, Galaxy S secara luas dianggap sebagai salah satu alternatif terbaik untuk iPhone 3GS.

Menurut keterangan Samsung, Galaxy S berhasil terjual 10 juta unit pada tahun pertama meluncur.

5. Tablet
Samsung memperkenalkan Galaxy Tab pada September 2010. Sebagian besar orang menganggap bahwa tablet Android 7 inci bisa menjadi alternatif pertama iPad.

6. Galaxy Tab jadi Rival Serius
Setelah meluncur, ternyata Galaxy Tab berhasil menarik perhatian salah satu petinggi Apple, yakni Vice President Eddy Cue. Konon, Cue menulis email kepada Steve Jobs, Phil Schiller, dan Tim Cook, untuk mengatakan bahwa mereka harus mempertimbangkan membuat tablet yang lebih kecil seperti Galaxy Tab.

Jobs dilaporkan bersikap terbuka dengan usulan Cue tersebut. Email tersebut dirilis dalam sidang paten perseteruan Apple dan Samsung pada tahun lalu. Terlepas dari pengaruh Galaxy Tab atau tidak, tapi yang pasti Apple akhirnya meluncurkan iPad Mini 7,9 inci pada 2012.

7. Evolusi Galaxy Tab
Lini Galaxy Tab dengan cepat berevolusi dan hadir dengan berbagai ukuran layar. Pada 2011, misalnya, hadir versi 10,1 inci dan 8,9 inci. Galaxy Tab 10.1 pun menjadi tablet andalan Samsung.

8. Galaxy S II
Selanjutnya, smartphone andalan Samsung ialah Galaxy S II yang memulai debut pada 2011. Ponsel itu memilii performa yang lebih baik dibanding pendahulunya, serta memiliki tampilan lebih besar dan prosesor lebih cepat. Saat itu, banyak yang menganggap Galaxy S II sebagai salah satu ponsel terbaik Android.

9. Galaxy Note
Samsung meluncurkan kategori produk baru pada Oktober 2011 yaitu Galaxy Note. Perangkat tersebut termasuk dalam kategori phablet yakni persilangan antara smartphone dan tablet. Note memiliki layar 5,3 inci dan dilengkapi stylus untuk menggambar dan mencatat.

Meskipun awalnya menyorot perhatian kritikus karena ukurannaya yang terlalu besar, tapi Samsung berhasil menjual sekira 10 juta unit Galaxy Note. Alhasil, penjualan tersebut sekaligus membuktikan ada permintaan dari kosumen terhadap ponsel dengan ukuran layar "raksasa".

10.Persaingan
Samsung bukan satu-satunya produsen perangkat mobile dengan kualitas yang baik, perusahaan perangkat Andorid lainnya seperti HTC, LG, dan Motorola, juga memiliki produk yang tak kalah baik. Samsung memerlukan cara untuk membedakan pasukan Galaxy-nya dari rangkaian perangkat Android lain dan membuktikan bahwa ponsel tersebut bisa menjadi alternatif untuk iPhone.

Untuk itu, Samsung pun menyiapkan pundi-pundi yang tak sedikit dan memulai kampanye pemasaran yang agresif dan mahal.

11. Persaingan dengan Apple
Seiring kesuksesan di pasar ponsel, pada November 2011, Samsung memulai kampanye pemasaran yang secara terang-terangan menyindir produk-produk dan pembeli produk Apple. Kisah itu masih berlanjut hingga saat ini dengan menunjukkan berbagai hal yang bisa dilakukan ponsel Galaxy dan yang tidak bisa dilakukan iPhone.

12. Galaxy S III
Samsung meluncurkan ponsel ketiga andalannya, Galaxy S III, pada Mei 2012. Ponsel itu memiliki layar lebih besar dibanding pendahulunya dengan ukuran 4,8 inci. Dikemas dengan banyak fitur pintar, Galaxy S III telah terjual sebanyak 40 juta unit pada Januari 2013.

13. Pencapian Galaxy S
Samsung mengumumkan pada Januari 2013, bahwa perusahaan itu telah menjuadl 100 juta perangkat Galaxy S sejak pertama diluncurkan pada Maret 2010.

14. Penerus Galaxy Note
Seiring dengan kesuksesan Galaxy Note, Samsung meluncurkan sang penerus yakni Galaxy Note II pada 2012. Phablet terbaru itu memiliki layar 5,5 inci. Galaxy Note II juga memiliki beberapa fitur baru seperti kemampuan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam satu layar.

15. Samsung dan Apple
Setelah beberapa bulan menyindir Apple melalui iklan, Samsung kembali melakukan hal yang sama ketika iPhone 5 meluncur. Beberapa hari setelah iPhone 5 diumumkan, Samsung mempublikasikan untuk membandingkan fitur dari kedua ponsel.

Samsung mengkritik iPhone 5 karena menggunakan jenis plug pengisian baterai berbeda dan RAM yang tidak sebesar Galaxy S III.

16. Perluas lini Note
Samsung memperluas lini Galaxy Note pada akhir 2012 dan awal 2013 dengan menghadirkan ukuran tablet. Adalah Galaxy Note 10.1 dan 8.0 yang kini bersaing langsung dengan iPad dan iPad Mini Apple.

Intinya, dari serangkaian pemasaran agresif ditambah dengan produk-produk hebat, berhasil mengubah Samsung menjadi perusahaan yang sukses dalam dunia teknologi. Kerja keras Samsung pun terbayar dengan banyaknya pengapalan smartpohne yang dilakukan.

Tags:

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 Pating Blewer. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks